Please enable JS

berita smait


Inspirasi Muda: Menuntaskan Hafalan 30 Juz di Masa SMA

07 Maret 2020 | 10:48/Amy

Semarang, 4 Maret 2020 keluarga besar Bina Amal berbahagia. Pasalnya, salah satu Santri SMA IT Bina Amal yaitu Fatimah Daffa Ramadhanti berhasil menuntaskan hafalan 30 Juz Al-Qur’an. Malam setelah sholat Isya’ berjamaah di Masjid area asrama putri, ditengah gerimis yang menyelimuti Kota Semarang, Fatimah Daffa Ramadhanti berhasil menuntaskan salah satu impiannya dan impian orang tuanya. Dalam kesempatan itu Daffa menyetorkan Juz 25. Para santri dan Ustadzah di SMP IT dan SMA IT tidak dapat menahan haru menyaksikan lantunan ayat demi ayat dari siswa kelas dua belas itu.

“MaasyaAllah Tabarakallah. Terima kasih sudah berjuang sejauh ini. Terima kasih sudah memberikan ikhtiar terbaikmu. Percayalah nak, bahwa segala lelahmu tidak akan pernah sia-sia. Segala sesak di dadamu tidak akan pernah berakhir sia-sia. Nak, ini adalah awal perjuangan untuk terus membersamai Al Quran. Allahummarhamna bil Quran. Rabu, 4 Maret 2020 malam ini kau telah berhasil menyelesaikan hafalan Al Quranmu dengan disaksikan malaikat-malaikat pembawa rahmat” ungkapan bahagia dari Ami Ridowati selaku penguji dan penyimak diacara tersebut.

Salah satu motivasi terbesar Daffa (red) menghafal Quran adalah kedua orang tuanya (abi dan ummi). “Nak, abi ingin sekali anak-anak umi dan abi menjadi hafidz dan hafidzoh yang bisa mengantarkan kami ke surgaNya” mb daffa selesaikan hafalan Quran nya saat SMA ya” kata-kata itu sebagai pemantik Daffa untuk terus bersama Al Quran.

Saat lelah dan rasa malas mengganggu, kata-kata itu selalu terngiang untuk membangkitkan semangat lagi. Saat SD, Daffa hanya bisa menyetorkan hafalannya paling hanya satu atau dua baris, 1 atau 2 ayat saja. saat SMP Daffa mengantongi hafalan sebanyak 5 juz (30-26). Qodarullah, Al Quran adalah milik Allah. Atas izinNya, Allah memberi kemudahan lisan ini untuk menghafal kalamNya. Yang tadinya hanya setor 1 atau 2 baris saja, beberapa waktu ini Daffa dapat menyetorkan hingga 1 halaman dengan mutqin. Hingga kelas dua belas di SMA IT Bina Amal, atas izin Allah Daffa bisa menyelesaikan setoran hafalannya. MaasyaAllah Tabarakallah.

Sekelumit cerita dari Umi Tatik Setyaningrum “Teman-teman dan ustadzahnya di SMA IT Bina Amal menjadi saksi perjuanganmu untuk terus berinteraksi dengan Al Quran. Adalah masa ketika kau sedang jatuh, sejatuh-jatuhnya CINTA kepada Al Quran. Masa ketika kau suka menyendiri untuk berkhalwat dengan Al Quran. Masa ketika kau sangat hanyut menyelami kenikmatan Al Quran. Masa ketika air mata, pikiran, tenaga terkuras habis demi memperjuangkan Al Quran. Waktu yang kau habiskan di SMA IT Bina Amal begitu berkah, nak. Betapa tidak. Dari mulai bangun tidur, kau mengambil air wudhu, mempersiapkan hafalan terbaikmu. “Ulangi lagi ya, mba” saya tahu betul perasaanmu saat kulontarkan kalimat itu padamu. MaasyaAllah, tak ada rasa sedih. Yang ada rasa semangat berkobar untuk memperbaiki setoran hafalanmu”

Ditengah suasana bahagia itu, tidak lupa Daffa berbagi tips menghafal Quran. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: Pertama, Selalu perbaiki niat. Niatkan hanya untuk mencari ridho Allah SWT jangan meniatkan untuk yang lain. Tips berikutnya (kedua), Nikmati proses nya. Jangan tergesa-gesa. Menghafal pasti ada manis pahitnya. Tips ketiga,Baca arab dan terjemahnya. Sehingga kita bisa mentadaburi apa isi dari ayat tersebut. Tips yang terakhir dan juga penting adalah jauhi segala bentuk maksiat.

Betapa menghafal Al Quran adalah satu hal yang mesti diperjuangkan Nak,, karena balasan nya amatlah indah. Yang terindah ketika kaki telah menapak di Jannah dan bertemu denganNya. Terima kasih Nak, sudah bejuang sejauh ini. Terima kasih atas kesabaran yang mengiringi perjuangan langkahmu. Kalian begitu hebat nak, dituntut untuk menguasai banyak pelajaran, namun hafalan Quran tidak kau tinggalkan. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan atas setiap ilmu yang kalian dapatkan. Barakallahu fiikum.

Bagikan ke sosial media


X
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.
Hubungi Kami