Please enable JS

berita sdit 02


PUNCAK TEMA7 KELAS 6 " Jika Aku Seorang Pemimpin "

22 Februari 2021 | 14:08/humas 02

Semarang, 22 Februari 2021 kelas 6 Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar Bin Khattab telah melaksanakan Puncak Tema 7, yaitu kepemimpinan. Tema yang diangkat pada kali ini adalah mengenal tentang seputar kepemimpinaN mulai dari definisi, tugas kepemimpinan dalam diri, dan sifat-sifat pemimpin. Puncak Tema kali ini diikuti 30 siswa kelas 6 dan 2 guru pendamping, yaitu Bu Ari dan Bu Retno.

                Hal menarik dari Puncak tema kelas 6 hari ini adalah datangnya seorang tamu, yaitu Rochmah Rizqiyanti sebagai nara sumber. Rochmah Rizqiyanti atau yang biasa dipanggul Mbak Anti adalah seorang mahasiswa keperawatan Fakultas Kedokteran, UNDIP. Beliau banyak mengenyam berbagai kegiatan keorganisasian mulai dari Kelompok Studi Ilmu Keperawatan (KSIK) UNDIP 2017/2018,  PMO BEM FK UNDIP 2019, Dewan Redaksi Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (BIMIKI) 2019, Asisten Dosen Keperawatan UNDIP 2019, serta Wakil Ketua BEM UNDIP Tahun 2021. Selain aktif di berbagai kegiatan organisasi, Mbak Anti juga telah menorehkan berbagai prestasi seperti Juara II LKTI Nasional NSCN di Univ. Jember 2021, Bronze Medal IPITEx 2019 in Bangkok Thailand, serta Lolos Pendanaan PKM PE Dikti 2019.

                Kegiatan Puncak Tema kali ini diawali dengan acara pembukaan. Guru dan siswa memanjatkan doa di awal aktivitas agar acara bertambah keberkahannya. Pembukaan yang selanjutnya adalah membangkitkan rasa simpati kepada korban banjir di tanah air yang telah berlangsung. Acara selanjutnya adalah acara perkenalan dengan nara sumber. Perkenalan dilakukan untuk menambah rasa sayang sebagai sesama muslim.

                Acara inti diawali dengan membahas apa itu definisi seorang pemimpin. Di Al Quran surat Al Baqarah ayat 30, bahwa manusia sejatinya adalah seorang pemimpin. Jadi siapapun kita, ternyata kita adalah seorang pemimpin. Hasil diskusi Mbak Anti dan siswa kelas 6 adalah pemimpin bagaikan nahkoda yang akan membawa seluruh penumpang menuju tempat tujuan. Setelah definisi, materi beranjak kapan kita bisa menjadi pemimpin?. Kita bisa menjadi pemimpin  bagi diri kita sendiri, dengan contoh kita bisa memutuskan kapan kita makan, mandi, atau tidur. Selain memimpin bagi diri kita sendiri kita bisa menjadi pemimpin yang lebih luas lagi seperti pemimpin di kelas, pemimpin di sekolah, atau bahakn menjadi pemimpin negara. Untuk memeriahkan acara, Mbak Anti pun mengajak siswa untuk bernyanyi dengan judul lagu “Pemimpin Yang hebat”. Terakhir pesan dari Mb Anti adalah bagaimana sikap kita menjadi seorang pemimpin. Ada empat sikap yang diteladani dari rasulullah S.A.W, yaitu Siddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Pada acara penutup, Mbak Anti dan seluruh guru berdoa agar siswa kelas 6 menjadi pemipin yang adil dan amanah kelak.

https://drive.google.com/file/d/1d5pFk5W85h1C8hXDFXse-xYeesTk8Qzc/view?usp=sharing

 

 

Bagikan ke sosial media


X
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.
Hubungi Kami