Please enable JS

berita sdit 02


Puncak Tema Kelas 3 SDIT Bina Amal 02 "Menyayangi Hewan dan Tumbuhan" dan Tema 3 : "Benda di Sekitarku"

30 Oktober 2020 | 12:37/humas 02
Puncak Tema Kelas 3 SDIT Bina Amal 02
Tema 2 : "Menyayangi Hewan dan Tumbuhan" dan Tema 3 : "Benda di Sekitarku"
Rabu, 28 Oktober 2020
 
Hewan, tumbuhan dan benda-benda yang ada di sekitar kita sesungguhnya di antara bukti kekuasaan dan ayat-ayat Alloh di alam ini. Mereka semua makhluk Alloh. Mereka semuanya bertasbih kepada Alloh hanya saja kita tidak tahu bagaimana cara mereka bertasbih. Untuk itulah kita harus menyayangi binatang dan hewan karena makhluk ciptaan Alloh. Begitu pula adanya berbagai benda di sekitar kita dan kejadian yang dialaminya seharusnya membuat kita selalu ingat kepada Alloh SWT. Inilah di antara pesan yang disampaikan dalam kegiatan puncak tema ini. 
 
Puncak tema ke-2 dan 3 ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28-10-2020 dari jam 09.00 - 10.30 secara daring melalui media google meet. Partisipan yang hadir dalam kegiatan ini sejumlah 34 orang gabungan siswa kelas 3A dan 3B. Pembawa acara kegiatan adalah Bu Dani. 
 
Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan berdo'a bersama yang dipimpin salah satu siswa yaitu Daffa kelas 3A. Bu Dani dan Pak Huda memberikan pengantar awal tentang pentingnya kegiatan ini. Pak Huda mengawali dengan mengajak siswa bernyanyi bersama tentang "Indahnya Alam Ini" lalu menyampaikan bahwa ada tanda-tanda kekuasaan Alloh SWT dalam setiap apa yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan. 
 
Selanjutnya Bu Dani memandu siswa mengikuti kegiatan puncak tema dengan menyaksikan tayangan video menyayangi hewan dan tumbuhan dan video proses pembuatan es lilin. Di sela-sela kegiatan, Bu Dani dan Pak Huda memberikan pertanyaan doorprize untuk menambah semangat siswa. Alhamdulillah banyak siswa sangat antusias menjawab pertanyaan  namun karena keterbatasan waktu, akhirnya hanya 6 siswa yang terpilih bisa menjawab pertanyaan. 
 
Dalam kegiatan ini siswa mendapat tugas dalam 1 pekan ke depan untuk membuat es lilin bersama orang tua lalu mengamati dan mencatatnya dalam lembar kerja yang sudah diberikan guru. 
 
Di akhir kegiatan ini, siswa kembali diajak melakukan refleksi selama mengikuti kegiatan. Dalam refleksi ini Pak Huda menyampaikan kembali bahwa dalam proses pembuatan es lilin kita diingatkan tentang tanda-tanda kekuasaan Alloh di antaranya dalam peristiwa penguapan dan hujan. Tidak kalah serunya, siswa sangat senang dengan puncak tema ini dan ingin agar kegiatan puncak tema ini bisa diadakan lagi. 
 
Semoga kegiatan "learning by doing" ini memberikan semangat dan kegembiraan kepada siswa di saat pembelajaran masih berjalan secara daring. Tidak lupa pula yang terpenting semoga siswa menjadi semakin mencintai Alloh SWT Robbul 'aalamiin. 
 
#asyiknyabelajar
#puncaktema
#kelas3
#sditbinaamal02
 
Bagikan ke sosial media


X
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.
Hubungi Kami