Please enable JS

berita sdit 02


PELATIHAN & WORKSHOP GURU SDIT BINA AMAL 02

07 Maret 2020 | 11:52/Humas SDIT BINA AMAL 02
Semarang, Sabtu 07 Maret 2020 alhamdulillah telah terlaksana kegiatan pelatihan yang diikuti oleh seluruh guru SDIT Bina Amal 02. Materi pertama dengan tema Konsep Pendidikan Karekter di Bina Amal yang disampaikan oleh Ust. Waimin dimana beliau menjelaskan bahwa menumbuhkan fikrah anak adalah tujuan pendidikan. Anak masing-masing memiliki prinsip kebaikan dan keimanan. Anak lahir bagaikan selembar kertas putih yg masih bersih (suci) dan peran orang tua serta gurulah yang membantu menorehkan warna apa yang akan diletakkan pada kertas putih tersebut (anak). Fungsi guru dan orang tua adalah sebagai qudwah hasanah. Peran guru dalam memberikan ilmu kepada anak-anak didiknya tidak lepas dari beberapa hal yaitu, pertama adalah aqidah. Aqidah disini perlu ditanamkan kepada diri setiap anak, salah satu contoh kepada anak adalah masalah rizki bahwasannya rizki setiap orang itu berbeda. Allah lah yg menjadikan seseorang itu kaya atau miskin, Allah lah yang menjadikan seseorang itu pandai. Mengajarkan kepada anak bahwa semua yang dimiliki saat ini semata-mata adalah pemberian dari Allah. Kedua adalah ibadah. Ibadah yang dimaksudkan disini adalah pembiasaan di sekolah untuk sholat tepat waktu dan anak sudah paham tata cara sholat dan bacaan sholat yang benar, yang diharapkan kebiasaan ini bisa berlanjut ketika anak di rumah. Pembiasaan dalam menghargai dan menghormati orang tua, salah satunya pembiasaan anak mencium tangan serta memberi salam kepada guru, dimana nanti akan menjadi pembiasaan anak bahkan ketika anak di luar lingkungan sekolah. Anak ditanamkan karakter Qur’ani, dimanai Al-Qur’an adalah benteng untuk anak. Anak menjadi kuat karena pemahaman dan penanaman Al-Qur’an oleh guru sehingga anak tidak akan mudah menyerah dalam kondisi apapun/tahan banting.
 
Materi kedua dengan tema Aplikasi Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Pembelajaran khususnya Pelajaran Peka Anaka yang disampaikan oleh Bu Titin. Materi yang disampaikan menekankan pentingnya pendidikan karakter yang harus diajarkan kepada anak guna pembentukan karakter anak menjadi pribadi dengan akhlak yang mulia. Pelajaran Peka Ananda adalah salah satu cara guru menanamkan kepada anak pendidikan karakter. Bina Amal memiliki 7 kompetensi dasar pendidikan karakter yang disampaikan kepada anak, kemudian dari 7 tersebut dikembangkan lagi menjadi 10 kompetensi dasar. Guru diharapkan dapat menanamkan pendidikan karakter kepada anak sesuai dengan kompetensi dasar yang telah dirumuskan. 
 
Harapannya guru bisa mengambil pelajaran yang baik dan bermanfaat dari pelatihan dan workshop kali ini dan terus semangat menjadikan diri menjadi lebih baik dari kedepannya. Ikhlas mengajar anak demi mengharap ridho dari Allah Swt.
 
 
 
 
Bagikan ke sosial media


X
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.
Hubungi Kami