Please enable JS

Artikel


Puncak Tema Kelas 4 SDIT BINA AMAL 02 Ditengah Pandemi

14 Oktober 2020 | 08:35/humas 02
Puncak Tema Kelas IV
Tema 4 Berbagai Pekerjaan 
 
 
Kereen... puncak tema kali sungguh istimewa. Menghadirkan dua orang guru tamu spesial yaitu seorang engineer dan ustadzah al hafidzoh alumni Bina Amal..
 
Selasa, 13 Oktober 2020 sebanyak 38 siswa dan 4 guru kelas IV SDIT Bina Amal 02 melaksanakan kegiatan puncak tema. Seperti biasanya, diawal tema pembelajaran yang baru, ada kegiatan puncak tema. Begitu juga meski dalam kondisi pembelajaran jarak jauh saat ini, puncak tema tetap berjalan seperti yang sudah dijadwalkan. Menggunakan media webinar.
 
Tema pembelajarannya adalah Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Puncak Tema dipandu oleh bu Ana sebagai guru wali IVB dan bu Ina sebagai guru wali IVA. Diawali doa belajar oleh ananda Azza Anugerah Fatahilah kelas IVB. Kemudian dilanjutkan dengan pengantar puncak tema, yaitu dalil dari Al Quran fdimana Allah SWT memerintahkan manusia dalam QS. Al Jumu'ah ayat 10 : Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Alloh banyak-banyak agar kamu beruntung. 
Kemudian, dilanjutkan penyampaian salah satu jenis pekerjaan yaitu sebagai engineer di salah perusahaan alat berat di Balikpapan, Kalimantan Timur oleh bapak Arif Oktofianus (kakak dari guru wali kelas IVB). 
Anak-anak kelas IV menyaksikan video tentang perusahaan alat berat dan pemaparan bagaimana seorang engineer bekerja. Pak Arif berpesan agar siswa siswi sungguh-sungguh dalam belajar, berdoa, dan berbakti kepada orang tua sebagai kunci sukses mencapai cita-cita.
Guru tamu yang kedua adalah seorang guru tahfidz di SMP IT Bina Amal yaitu bu Annisa Hanafiyanti al hafidzoh. Beliau alumni SD dan SMP Bina Amal angkatan kedua. Melanjutkan kuliah di jurusan matematika Universitas Indonesia. Yang menarik adalah pengalaman bu Annisa dalam menghafal Al Quran. Selesai SD hafal juz 30. Lulus SMP hafal tujuh juz. Lulus SMA hafal lima belas juz. Sisanya yang lima belas juz, beliau selesaikan salam waktu dua puluh hari, di salah satu sekolah tahfidz di Jakarta. 
Anak-anak sangat antusias sekali dengan kiat-kiat bu Annisa dalam menghafal Al Quran. Bisa menghafal Al Quran adalah karunia dari Allah, yang harus diusahakan bukanlah seberapa banyak dan cepat kita menghafal Al Quran, tetapi seberapa sering dan asyik kita berinteraksi dengan Al Quran dengan membaca, menghafal, dan memuroja-ah.
Bu Annisa berpesan bahwa semua pekerjaan yang halal itu baik semua, tidak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk. Dan apapun pekerjaan kita, jadikan gelar sebagai seorang ustadzah (guru) agar senantiasa melekat pada diri kita. Misalnya, dokter yang ustadzah, polisi yang ustadz, dan lain sebagainya.
 
Alhamdulillah, waktu pun menunjukkan pukul 11.00. Acara puncak tema diakhiri dengan doa dipimpin oleh Anindiya Paramesti IVA.
 
 
 
Bagikan ke sosial media


X
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu.
Hubungi Kami